Jumat, 18 November 2011

Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen (SIM)


Sistem Informasi Manajemen (SIM) dapat diartikan sebagai suatu alat yang mendukung para pengambil keputusan dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen( perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian), sedemikian rupa sehingga tercapai suatu keputusan yang didasarkan kepada pendekatan sistem.
Laudon, mendefinisikan Sistem Informasi sebagai berikut: Information System: Interrelated components that collect, process, store, and disseminate information to support decision making, control, analysis, and visualization in an organization. Gordon B. Davis, mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen sebagai berikut: Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem manusia, mesin yang terintegrasi dalam menyediakan informasi untuk mendukung kegiatan-kegiatan operasi, manajemen dan pengambilan keputusan suatu organisasi.
Jadi dapat diartikan, SIM adalah interelasi atau interaksi komponen  komponen atau subsistem  subsistem yang saling berhubungan dan terintegrasi dimana diperlukan suatu pengambilan (collect), proses (process), penyimpanan (store) dan diseminasi (diseminatin) informasi untuk mendukung pengambilan keputusan (decision making) serta pengawasan (control) dari organisasi. Sistem Informasi manajemen juga dapat menggambarkan visualisasi dari organisasi.
Ada tiga aktifitas dalam SIM dalam memproduksi kebutuhan informasi suatu organisasi, yaitu masukan (input), proses (processing) dan keluaran (output). Sistem Informasi juga diperlukan umpan balik (feed back), dimana keluaran yang dikembalikan untuk membantu mereka dalam mengevaluasi atau mengkoreksi fase masukan. Saat ini banyak pimpinan yang menyadari bagaimana informasi dapat menunjang kompetisi di lingkungan usaha terutama dalam menghadapi era globalisasi yang tergantung bagaimana kemampuan mereka dalam menjalankan organisasi secara global. Hari ini, sistem informasi menyediakan komunikasi dan kekuatan analisa yang diperlukan suatu organisasi untuk penyelenggaraan perdagangan (trading) dan pengelolaan aktifitas atau usaha dalam sekala global.
Secara umum komponen Sistem Informasi Manajemen terdiri dari: Perangkat Keras (hardware), Piranti Lunak (software), jaringan (networking), Data, Sumber Daya Manusia (Brainware), Prosedur (Procedure).
Pembahasan lanjut apa dan bagaimana komponen SIM tersebut terintegrasi satu sama lain dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan.

sumber : http://syopian.net/blog/?p=334

Konsep Dasar Kelistrikan Pada Komputer


HUKUM OHM
1. Kuat Arus
Aliran listrik ditimbulkan oleh muatan listrik yang bergerak di dalam suatu penghantar. Arah arus listrik (I) yang timbul pada penghantar berlawanan arah dengan arah gerak elektron. Muatan listrik dalam jumlah tertentu yang menembus suatu penampang dari suatu penghantar dalam satuan waktu tertentu disebut sebagai kuat arus listrik Jadi kuat arus listrik adalah jumlah muatan listrik yang mengalir dalam kawat penghantar tiap satuan waktu.Jika dalam waktumengalir muatan listrik sebesar Q, maka kuat arus listrik I.
I = Q : t
adalah:
I : kuat arus listrik (coulomb/sekon = ampere, A)
: muatan listrik (coulomb)
: waktu (sekon)
Makin banyak jumlah muatan listrik yang bergerak, makin besar pula kuat arusnya.
2. Tegangan Listrik (V).
Terjadinya arus listrik dari kutub positif ke kutub negatif dan aliran elektron dari kutub negatif ke kutub positif, disebabkan oleh adanya beda potensial antara kutub positif dengan kutub negatif, dimana kutub positif mempunyai potensial yang lebih tinggi dibandingkan kutub negatif. Jadi arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah, sedangkan aliran elektron mengalir dari potensial rendah ke potensial tinggi. Beda potensial antara kutub positif dan kutub negatif dalam keadaan terbuka disebut gaya gerak listrik dan dalam keadaan tertutup disebut tegangan jepit.
3. Hubungan antara Tegangan listrik (V) dan Kuat arus listrik (I).
Besar kuat arus listrik dalam suatu penghantar berbanding langsung dengan beda potensial (V) antara ujung-ujung penghantar asalkan suhu penghantartetap. (Hukum Ohm).
V = I x R
adalah;
: hambatan listrik (ohm = Ω )
V : beda potensial atau tegangan (volt = V)
I : kuat arus listrik (ampere = A).
Hasil bagi antara beda potensial (V) dengan kuat arus (I) dinamakan hambatan listrik atau resistansi (R) dengan satuan ohm (Ω ).
4. Hubungan antara hambatan kawat dengan jenis kawat dan ukuran kawat.
Hambatan atau resistansi berguna untuk mengatur besarnya kuat arus listrik yang mengalir melalui suatu rangkaian listrik.Untuk berbagai jenis kawat, panjang kawat dan penampang berbeda terdapat hubungan sebagai berikut:
R = p l/A

adalah;
R : hambatan listrik (ohm = Ω).
p (ro) : hambatan jenis penghantar (Ω m).
A : luas penampang penghantar (m)
l : panjang penghantar.

sumber : http://pipit-diklat-tkj.blogspot.com/2007/10/konsep-dasar-kelistrikan.html

Kamis, 10 November 2011

Artikel Bahasa Pemrograman

1)Bahasa pemrograman tingkat tinggi
Bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah sebuah bahasa pemrograman yang jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman tingkat rendah memiliki sifat lebih mudah digunakan, lebih portabel (mudah diadaptasikan) antar-platform, dan lebih abstrak. Bahasa-bahasa semacam ini sering melakukan abstraksi terhadap beberapa operasi CPU, seperti halnya pengaksesan memori.
Fitur-fitur Bahasa pemrograman tingkat tinggi
Istilah "bahasa pemrograman tingkat tinggi" tidak serta merta menjadikan bahasa tersebut lebih baik dibandingkan dengan bahasa pemrograman tingkat rendah. Akan tetapi, maksud dari "tingkat tinggi" di sini merujuk kepada abstraksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahasa tingkat rendah terhadap bahasa mesin. Dibandingkan dengan harus berurusan dengan register, alamat memori dan stack-stack panggilan, bahasa pemrograman tingkat tinggi akan berurusan dengan variabel, larik, dan ekspresi aritmetika atau aljabar Boolean. Selain itu, tidak seperti bahasa rakitan, bahasa tingkat tinggi tidak memiliki opcode atau kode operasi yang dapat secara langsung menjadikan bahasa tersebut menjadi kode mesin. Fitur lainnya seperti rutin-rutin penanganan string, fitur pemrograman berorientasi objek, input/output terhadap berkas juga terdapat di dalam jenis bahasa ini.
Secara umum, bahasa tingkat tinggi akan membuat pemrograman komputer yang kompleks menjadi lebih sederhana, sementara bahasa tingkat rendah cenderung untuk membuat kode yang lebih efisien. Dalam sebuah bahasa tingkat tinggi, elemen-elemen kompleks dapat dipecah ke dalam beberapa elemen yang lebih sederhana, meski masih dapat dianggap kompleks, di mana bahasa tersebut menyediakan abstraksi. Karena alasan ini, kode-kode yang harus berjalan dengan efisien dapat ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat rendah, sementara bahasa tingkat tinggi digunakan untuk mempermudah pemrograman.
Akan tetapi, dengan bertambah rumitnya arsitektur mikroprosesor modern, kompilator-kompilator bahasa pemrograman tingkat tinggi dapat membuat kode yang lebih efisien dibandingkan dengan para programmer bahasa pemrograman tingkat rendah yang melakukannya secara manual.
Perlu dicatat bahwa istilah "tingkat tinggi" dan "tingkat rendah" adalah relatif. Pada awalnya, bahasa rakitan dianggap sebagai bahasa tingkat rendah, sementara COBOL, C, dan lain-lainnya dianggap sebagai bahasa tingkat tinggi, mengingat mereka mengizinkan abstraksi terhadap fungsi, variabel, dan evaluasi ekspresi. Akan tetapi, banyak programmer saat ini mungkin menganggap bahasa C sebagai bahasa pemrograman tingkat rendah, mengingat bahasa pemrograman tersebut mengizinkan akses memori secara langsung dengan menggunakan alamatnya, dan juga dapat menggunakan beberapa direktif bahasa rakitan.

http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman_tingkat_tinggi

2)CONTOH BAHASA PEMROGRAMAN KOMPUTER

C++
C++ adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1980-an oleh Bell Labs (Bjarne Stroustrup) sebagai pengembangan dari Bahasa pemrograman C. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).


Program C++ pertama
Contoh program sederhana C++ untuk hello world dengan menggunakan Pustaka Dasar C++ dapat dilihat di bawah ini:
#include // provides std::cout

int main()
{
std::cout << "Hello, world!\n";
return 0;
}
Kata yang dipesan
Kelompok pertama
C++ mempunyai 32 buah kata yang dipesan (reserved words). Kata kunci kelompok pertama merupakan turunan dari bahasa C, di antaranya:
auto
const
double
float
int
short
struct
unsigned
break
continue
else
for
long
signed
switch
void
case
default
enum
goto
register
sizeof
typedef
volatile
char
do
extern
if
return
static
union
while
Kelompok kedua
Kata yang dipesan kelompok kedua berjumlah 30. Kata-kata ini adalah baru dan hanya ada di bahasa C++.
asm
dynamic_cast
namespace
reinterpret_cast
try
bool
explicit
new
static_cast
typeid
catch
false
operator
template
typename
class
friend
private
this
using
const_cast
inline
public
throw
virtual
delete
mutable
protected
true
wchar_t
Kata-kata yang dipesan tersebut di atas tidak boleh dipakai sebagai nama variable, class, enum, macro, dan struct.
Tipe data dasar
Untuk menyimpan suatu variabel diperlukan tempat khusus di dalam memori komputer. Besar dan tipe dari variabel-variabel di dalam standar program C++ dispesifikasikan sebagai berikut.
Nama
Keterangan
Ukuran
Jangkauan
char
Abjad/karakter atau untuk bilangan bulat kecil
1 byte
signed: -128 to 127
unsigned: 0 to 255
short int (short)
Bilangan bulat dengan jangkauan pendek
2 byte
signed: -32768 to 32767
unsigned: 0 to 65535
int
Bilangan bulat
4 byte
signed: -2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295
long int (long)
Integer dengan jangkauan panjang
4 byte
signed: -2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295
bool
Boolean, dapat bernilai benar atau salah (true or false)
i byte
true or false
float
Angka dengan titik mengambang (bilangan cacah)
4 byte
3.4e +/- 38 (7 digit)
double
Bilangan cacah dengan ketelitian ganda
8 byte
1.7e +/- 308 (15 digits)
long double
Bilangan cacah dengan ketelitian ganda panjang
8 byte
1.7e +/- 308 (15 digits)
wchar_t
Karakter lebar, biasa dipakai untuk Unicode karakter
2 byte
1 karakter lebar
Daftar C++ compiler
Untuk mengubah kode-kode C++ program menjadi suatu program aplikasi yang dimengerti oleh sistem operasi dan komputer, diperlukan sebuah kompilator C++. Berikut ini adalah beberapa kompilator C++ yang dapat digunakan secara gratis.
Microsoft Visual C++ 2005 Express
Turbo C++ Explorer
Apple Xcode for Mac OS X
Open Source Watcom / OpenWatcom C/C++ Compiler
Digital Mars C/C++ Compiler (Symantec C++ Replacement)
Bloodshed Dev-C++ C++ Compiler
Free Microsoft .NET Framework Software Development Kit (SDK) / Free Microsoft Visual C++ Compiler
Intel C++ Compiler for Linux Non-Commercial Version
Sun Studio Compilers and Tools
Open64 Compiler Tools
Apple's Macintosh Programmer's Workshop (C and C++ compilers)
TenDRA C/C++ Compiler
GNU C/C++ Compiler
Ch Embeddable C/C++ Interpreter (Standard Edition)
DJGPP C and C++ Compilers
CINT C and C++ Interpreter
SDCC C Cross-compiler
Cygwin Project (C & C++ Compilers)
SDCC C Cross-compiler
Code::Blocks
Pranala luar
Homepage Bjarne Stroustrup
C++ Users Journal
Standard Template Library
ISO Standard
Andrei Alexandrescu
Code guru, C++ resource
C++ basic tutorial

http://id.wikipedia.org/wiki/C%2B%2B

3)CARA MEMBUAT PROGRAM


[19/2/2008] VIRUS TATI: CARA LAIN MEMBUAT VIRUS

Penyebaran virus kian hari makin menggila. Tidak mengherankan, karena banyak cara yang dilakukan untuk menciptakan virus. Tidak mesti jago-jago amat, hanya dengan sedikit usaha, virus bisa tercipta. Arief Prabowo
COBALAH LIHAT KONDISI SAAT INI, source code virus siap saji ataupun tutorial membuat virus pun bisa Anda dapatkan gratis dari Internet. Atau ingin lebih mudah lagi bisa menggunakan program Virus Generator yang bisa membuat virus dengan instan menggunakan template aksi-aksi virus yang sudah disediakan, bukannya tidak mungkin, kini orang awam dengan pengetahuan minim sekalipun bisa membuat virus dengan mudah. Tentu tidak heran kalau populasi virus kian hari kian meningkat.

Dan lagi jika Anda berjalan-jalan ke mall, cobalah Anda lihat, buku-buku yang mengajarkan cara membuat antivirus, sudah bertebaran di mana-mana. Namun perlu Anda perhatikan juga, karena biasanya selain mengajarkan cara membasmi virus, buku tersebut juga sekaligus mengajarkan Anda cara-cara membuat virus, ibarat pedang bermata dua.

AutoHotKey

Untuk berbuat kejahatan memang selalu ada jalan. Karena saat ini ditemukan virus lokal pertama yang dibuat menggunakan program AutoHotKey. Apakah itu AutoHotKey? Seperti yang dikutip dari situs aslinya (http://www.autohotkey.com), Auto-HotKey merupakan sebuah program automation, hotkeys, dan scripting yang dibuat menggunakan bahasa C++, ia bersifat open source dan diperuntukan bagi operating system berbasis Windows. Dengan menggunakan program ini kita dapat mengotomatisasi setiap perkerjaan yang sering kita lakukan sehari-hari. Berbagai hal dapat dilakukan dengan menggunakan program ini, mulai dari otomatisasi penekanan tombol keyboard, pergerakan atau penekanan tombol mouse, atau bahkan menggunakan script untuk memperintahkan AutoHot- Key mengerjakan suatu perintah. Saat membuat suatu project menggunakan AutoHotKey, file yang dihasilkan akan memiliki extension .ahk. Dan bersamaan dengan paket program AutoHotKey tersebut, tersedia juga program yang dinamakan Ahk2Exe yang dapat mengonversi . file project (.ahk) ke dalam executable. Artinya, script yang telah dibuat tadi nantinya bisa dijalankan secara langsung di computer manapun, tanpa harus terinstal program AutoHotKey.

Virus Hasil AutoHotKey

Semua kemudahan yang telah dipaparkan di atas sepertinya telah dimanfaatkan dan disalahgunakan oleh pembuat virus.  Buktinya kini ada satu virus lokal yang menggunakan cara tersebut memanfaatkan program AutoHotKey. Dikenal dengan nama Virus Tati, begitulah PC Media Antivirus mengenalnya. Saat tulisan ini dibuat, belum banyak antivirus yang dapat mengenali virus ini. Dan satu pertanyaan yang membuat kami penasaran adalah, “Bagaimana virus ini bisa menyebar dengan cepat dan luas?”. Sebab perlu Anda ketahui, si Tati ini menempati urutan pertama virus yang banyak dikirimkan oleh pembaca selama satu bulan terakhir ini.

Membongkar si Tati

Virus yang ini icon-nya berpenampilan mirip dengan icon folder standar bawaan Windows ini, memiliki ukuran sebesar 202.263 bytes, dalam keadaan terkompresi menggunakan UPX. Memang, script yang telah dikonversi dari file.ahk ke .exe menggunakan program Ahk2Exe bawaan AutoHotKey, secara otomatis akan di-compress menggunakan UPX. Program ini pun memiliki . tur untuk memberikan password pada file executable yang maksudnya agar tidak bisa di-decompile kembali menjadi .ahk, sepertinya ini yang akan dilakukan oleh si pembuat virus Tati, karena tentunya dia tidak ingin virusnya dapat dengan mudah untuk dianalisis. Pada situsnya, ada sebuah program dengan nama Exe2Ahk. Dari namanya sudah bisa diterka, program ini untuk mendecompile file script AutoHotKey yang sudah menjadi executable (.exe) agar kembali menjadi script (.ahk). Setelah dicoba, ternyata benar, program ini meminta password dari executable virus tersebut. Namun dengan meng-crack-nya, kami dapat dengan mudah mengetahui password-nya dan script asli virus tersebut pun dapat terlihat. Dan, dengan hanya mempelajari script yang ada, sangat memudahkan bagi kami untuk mengetahui apa yang diperbuat oleh virus tersebut.

Tati di Memory

Pada saat kali pertama virus ini menginfeksi, ia akan membuat file induk pada direktori Windows dengan nama Tati.exe, selanjutnya ia akan langsung memanggil . le tersebut, sehingga di memory akan ada process virus dengan nama Tati.exe. Selain itu file Tati.exe akan ada juga pada direktori StartUp, default-nya biasanya terletak di C:\Documents and Settings\%username%\Start Menu\Programs\Startup, atau Anda dapat melihatnya juga pada StartUp di Start Menu. Untuk selanjutnya virus akan aktif otomatis saat memulai Windows.

Sedikit Modifikasi Registry

Tidak seperti virus lainnya yang senang sekali mengutak-atik registry dan atau memberikan restriction di segala penjuru Windows, virus ini cukup cuek karena ia hanya memodi. Kasi dua item registry yang menyangkut masalah Windows Explorer atau Folder Options, yakni mengisikan nilai 0 pada HKEY_CURRENT_ USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\ShowSuperHidden agar Windows Explorer tidak menampilkan . le dengan attribut hidden dan system. Dan mengisikan nilai 1 pada HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\HideFile-Ext, yang maksudnya adalah memerintahkan Windows Explorer untuk menyembunyikan extension dari setiap file.

Memantau Harddisk

Seperti yang tertulis pada rutin CekHardDisk di script yang telah berhasil dibongkar, saat virus ini aktif di memory, timer yang ada pada virus ini akan memeriksa setiap . xed drive atau hard disk pada komputer terinfeksi dalam periode waktu 600.000 milliseconds atau sama dengan 10 menit. Rutin ini nantinya akan membuat tiga file pada drive tersebut dengan nama autorun.inf dengan attribut hidden dan system, tati.exe, dan tati.my.love.txt. File autorun.inf merupakan . le bantuan agar virus ini dapat aktif otomatis pada saat user mengakses drive tersebut. File tati. exe merupakan file induk virus. Dan terakhir file tati.my.love.txt merupakan file teks yang berisi pesan dari si pembuat virus.

Menjadi .SCR

Drive . ash disk juga tidak luput dari jangkauannya, dia akan membuat tiga file seperti di atas. Dan ia juga akan membuat file virus dengan nama yang menyerupai nama folder yang ada, dengan extension .scr atau dikenal dengan Screen Saver. Sebaiknya ubah View dari Windows Explorer Anda menjadi Details agar dapat dengan mudah membedakan Antara folder asli dan virus Tati. Cukup dengan melihat kolom Type, jika folder asli maka Type nya berupa File Folder. Dan lebih baik, Anda nonaktifkan opsi “Hide extensions for known file types” dan “Hide protected operating system files” pada Folder Options dengan menghapus centangannya (_).

Tuntaskan dengan PCMAV

Memang trik social engineering lama dengan menyerupai icon folder dan membuat tiruan dari nama–nama folder yang ada masih menjadi favorit para pembuat virus. Dan cukup aneh, karena virus Tati ini termasuk yang sangat sederhana dan jika dibandingkan dengan virus–virus lokal lainnya di luar sana, ia sangat kalem, tidak terlalu aneh–aneh, namun terbukti tingkat penyebarannya tinggi. Dan lagi, seperti yang telah dikatakan di awal, saat tulisan ini dibuat, dari sekian banyak hanya satu dua antivirus saja yang sudah mengenali virus ini, dan heuristic dari setiap antivirus tersebut pun tidak menunjukkan keanehan apa–apa. Jadi, ia makin leluasa menyebar ke mana–mana. Maka dari itu, hentikan penyebarannya dan gunakan PC Media Antivirus RC24 yang telah disempurnakan ini untuk dapat membasmi virus ini.

Sumber : http://manttapp.blogspot.com/2009/12/artikel-bahasa-pemrograman.html

Konsep Dasar Web

A. Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Web
Beberapa konsep dasar pemrograman berbasis web, yaitu:
1.    Komunikasi antara web browser dan web server berdasarkan protokol HTTP.
2.    Dokumen dan semua sumber daya apapun di jaringan yang dikehendaki di identifikasi dengan Universal Resource Locator (URL).
3.    Dokumen web ditulis berdasarkan standar HTML.
4.    Pemrograman sisi klien (client-side scripting) dan Java applet.
5.    Pemrograman sisi server (server-side scripting atau programming).
Sistem Berbasis Web atau Aplikasi Berbasis Web adalah sebuah sistem yang dibangun dengan konsep rekayasa web (web engineering) dan diaplikasikan secara online melalui media internet. (Marlina, 2010).

B. World Wide Web
World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna di identifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari padanya.

C. Web Browser
Web Browser adalah perangkat lunak yang mulanya hanya untuk menampilkan (rendering) dokumen web atau HTML. Namun saat ini, web browser harus mampu mengeksekusi JavaScript atau VBScript, menjalankan Java Applet, memahami dokumen XML, dan menjalankan dokumen tertentu dengan fasiltias plug-in seperti file.swf Macromedia Flash dan sebagainya. Disamping itu web browser juga mempunyai fasilitas kenyamanan pemakai seperti dapat membuka lebih dari satu jendela, manajemen alamat web yang bagus, pengamanan yang memadai dan sebagainya. Contoh: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera.

D. Web server
Web server adalah HTTP server sebagai penyedia dokumen yang diminta web browser. Saat ini, web server telah kompleks karena harus melayani banyak hal dan bahkan menjadi pusat layanan-layanan lain. Web server telah menjadi komponen terpenting di application server. Web server harus mampu melayani permintaan dokumen yang diminta web browser, dan mampu disetting berinteraksi dengan program JSP, ASP, PHP, secara CGI dan sebagainya. Contoh: Apache, IIS.

E. Web service
Web service adalah suatu sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung dan berinteraksi antar sistem pada suatu jaringan. Web service digunakan sebagai suatu fasilitas yang disediakan oleh suatu web site untuk menyediakan layanan (dalam bentuk informasi) kepada sistem lain, sehingga sistem lain dapat berinteraksi dengan sistem tersebut melalui layanan-layanan (service) yang disediakan oleh suatu sistem yang menyediakan web service. Web service menyimpan data informasi dalam format XML, sehingga data ini dapat diakses oleh sistem lain walaupun berbeda platform, sistem operasi, maupun bahasa compiler. (Pibriana, 2010).

F. Web Programming
Web dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu:
1.    Web Static
Web yang menampilkan informasi-informasi yang sifatnya statis (tetap).
2.    Web Dinamis atau Interaktif
Web yang menampilkan informasi serta dapat berinteraksi dengan user yang sifatnya dinamis. Sehingga untuk membuat web dinamis dibutuhkan kemampuan pemrograman web.

G. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
HTTP adalah protokol level aplikasi untuk sistem informasi hypermedia tersebar. Protokol ini generik yang dapat dimanfaatkan banyak tugas selain untuk hypertext. HTTP adalah bahasa komunikasi antara web browser dan web server, dimana kebanyakan komunikasi ini di luar perhatian pemakai web browser.

H.    Hypertext Markup Language (HTML)
HTML merupakan bahasa markup paling popular, disusul eXtensible Markup Language (XML). XML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat bahasa markup lain yaitu Wireless Markup Language (WML). Bahasa markup bukan bahasa pemrograman. Oleh karena itu, penyebutan bahasa pemrograman HTML adalah kurang tepat.

I. XML (eXtended Markup Language)
XML adalah bahasa markup yang digunakan untuk menyimpan data (tidak ada program) dan tidak tergantung dengan tools tertentu (seperti editor, dbms, compiler dan sebagainya)

SUMBER : http://www.idelima.com/berita-264-konsep-dasar-web.html

Konsep Dasar Pemrograman Java

Pemrograman dengan Java

Ari Hermawan
Java sebagai salah satu bahasa pemrograman baru menjanjikan banyak kemudahan bagi programer junior maupun senior. Tutorial ini akan membawa Anda mengenal lebih jauh bahasa ini melalui pembahasan konsep model perancangan dan petunjuk sederhana penggunaannya.

Apakah Java?

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan ­platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer­­. Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel.

Platform Independent

Platform independent berarti program yang ditulis dalam bahasa Java dapat dengan mudah dipindahkan antar berbagai jenis sistem operasi dan berbagai jenis arsitektur komputer. Aspek ini sangat penting untuk dapat mencapai tujuan Java sebagai bahasa pemrograman Internet di mana sebuah program akan dijalankan oleh berbagai jenis komputer dengan berbagai jenis sistem operasi. Sifat ini berlaku untuk level source code dan binary code dari program Java. Berbeda dengan bahasa C dan C++, semua tipe data dalam bahasa Java mempunyai ukuran yang konsisten di semua jenis platform. Source code program Java sendiri tidak perlu dirubah sama sekali jika Anda ingin mengkompile ulang di platform lain. Hasil dari mengkompile source code Java bukanlah kode mesin atau instruksi prosesor yang spesifik terhadap mesin tertentu, melainkan berupa bytecode yang berupa file berekstensi .class. Bytecode tersebut dapat langsung Anda eksekusi di tiap platform yang dengan menggunakan Java Virtual Machine (JVM) sebagai interpreter terhadap bytecode tersebut.
JVM sendiri adalah sebuah aplikasi yang berjalan di atas sebuah sistem operasi dan menerjemahkan bytecode program Java dan mengeksekusinya, sehingga secara konsep bisa dianggap sebagai sebuah interpreter. Proses pengeksekusian program Java dapat dilukiskan seperti di Gambar 1. Dengan cara ini, sebuah program Java yang telah dikompilasi akan dapat berjalan di platform mana saja, asalkan ada JVM di sana.
Kompiler dan interpreter untuk program Java berbentuk Java Development Kit (JDK) yang diproduksi oleh Sun Microsystems. JDK ini dapat didownload gratis dari situs java.sun.com. Interpreter untuk program Java sendiri sering juga disebut Java Runtime atau Java Virtual Machine. Interpreter Java, tanpa kompilernya, disebut Java Runtime Environment (JRE) dapat didownload juga di situs yang sama. Untuk mengembangkan program Java dibutuhkan JDK, sementara jika hanya ingin menjalankan bytecode Java cukup dengan JRE saja. Namun untuk mengeksekusi applet (sebuah bytecode Java juga) Anda biasanya tidak perlu lagi mendownload JRE karena browser yang Java-enabled telah memiliki JVM sendiri.

Library

Selain kompiler dan interpreter, bahasa Java sendiri memiliki library yang cukup besar yang dapat mempermudah Anda dalam membuat sebuah aplikasi dengan cepat. Library ini sudah mencakup untuk grafik, desain user interface, kriptografi, jaringan, suara, database, dan lain-lain.

OO

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek. Pemrograman berorientasi objek secara gamblang adalah teknik untuk mengorganisir program dan dapat dilakukan dengan hampir semua bahasa pemrograman. Namun Java sendiri telah mengimplementasikan berbagai fasilitas agar seorang programer dapat mengoptimalkan teknik pemrograman berorientasi objek.
Sedikit perbandingan tambahan dengan bahasa C dan C++, Java banyak mewarisi konsep orientasi objek dari C++ namun dengan menghilangkan aspek-aspek kerumitan dalam bahasa C++ tanpa mengurangi kekuatannya. Hal ini mempermudah programer pemula untuk mempelajari Java namun mengurangi keleluasaan programer berpengalaman dalam mengutak-atik sebuah program. Di balik kemudahan yang ditawarkan Java, luasnya fasilitas library Java sendiri membuat seorang programer membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk dapat menguasai penggunaan library-library tersebut.

Memulai Pemrograman Java

Untuk membuat program Java, seperti telah disebutkan sebelumnya, Anda membutuhkan JDK. Proses instalasi JDK tersebut sangat mudah dan tidak membutuhkan pengetahuan tertentu. Namun untuk menggunakannya Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian dengan sistem operasi Anda. Umumnya yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan path ke direktori JDK Anda ke setting path pada sistem operasi Anda. Misalkan direktori JDK Anda adalah C:\jdk1.4 maka pada Windows 98 Anda cukup menambahkan baris perintah SET PATH=C:\jdk1.4\bin pada file autoexec.bat Anda. Untuk Windows NT/2000/XP Anda cukup menambahkan direktori C:\jdk1.4\bin pada variabel path di System Environment. Caranya: klik kanan ikon My Computer, pilih Properties. Kemudian pilih tab Advanced. Lalu klik tombol Environment Variables, cari variabel path, kemudian tambahkan path direktori JDK Anda ke dalam variabel tersebut. Untuk Linux, tambahkan baris perintah SET CLASSPATH=(direktori jdk Anda) ke file profile Anda. Untuk mencoba JDK, ketikkan perintah java dan javac pada shell prompt (atau DOS Command Prompt). Jika perintah tersebut sudah dikenali maka program java atau javac akan menampilkan sintaks penggunaan. Untuk kemudahan dan berbagai fasilitas tambahan Anda dapat menggunakan Integrated Development Environment (IDE) untuk bahasa Java seperti Visual Café dari Symantec atau JBuilder dari Borland.
Urutan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat sebuah program Java sederhana adalah:
  1. Membuat source code program dengan editor teks apapun. Ingat, file tersebut harus berekstensi .java dan case sensitive.
  2. Mengkompile source code dengan perintah javac. Misalnya: javac HelloWorld.java. Jika berhasil, hasilnya adalah file bytecode berakhiran .class.
  3. Mengeksekusi bytecode dengan perintah java. Parameter dari perintah ini adalah nama file hasil kompilasi tanpa ekstensi .class. Contoh: java HelloWorld.

Source Code

Berikut kode untuk HelloWorld.java:
public class HelloWorld
{
    public static void main(String[] args) 
    {
        System.out.println("Apa Kabar Dunia?");
    }
}
Dan ini sebuah contoh lain, yaitu applet sederhana untuk menampilkan teks di applet. Sebutlah file ini bernama HelloWorldApplet.java:
import java.awt.Graphics;

public class HelloWorldApplet extends java.applet.Applet
{
    public void paint(Graphics g) 
    {
        g.drawString("Apa Kabar Dunia?", 5, 25);
    }
}
Secara gamblang dapat diperhatikan bahwa struktur kedua program sangat mirip, dan hanya berbeda dalam konteks eksekusi. Kedua program ini akan dibahas lebih lanjut setelah kita membahas cara mengkompile dan mengeksekusi program tersebut.
Perlu diingat bahwa bahasa Java bersifat case sensitive, sehingga Anda harus memperhatikan penggunaan huruf besar dan kecil. Selain itu penulisan source code program tidak harus memperhatikan bentuk tertentu, sehingga Anda bisa saja menuliskan semua baris source code tersebut dalam satu baris asal Anda tidak lupa membubuhkan tanda titik koma (;), atau menuliskan tiap kata dalam satu baris tersendiri. Namun dianjurkan Anda mengikuti layout seperti pada contoh agar program Anda mudah dibaca dan dimengerti.

Kompilasi

Setelah kedua file disave dengan nama HelloWorld.java dan HelloWorldApplet.java, kita akan mengkompile kedua program tersebut dengan perintah:
prompt> javac HelloWorld.java
prompt> javac HelloWorldApplet.java
Perlu diperhatikan bahwa direktori aktif Anda saat ini adalah direktori tempat Anda meletakkan file-file program tersebut. Anda tetap dapat mengkompile program Anda dari direktori berbeda dengan perintah:
prompt> javac (direktori program)/namafile.java
Setelah perintah ini selesai, Anda akan melihat bahwa telah tercipta dua buah file .class, yaitu bytecode hasil kompilasi source code kita.

Sintaks Program

Sekarang kita akan mencoba membahas elemen-elemen dalam kedua source code tersebut.
Pada awal Listing 2 kita menemukan perintah import. Pada tahap awal ini Anda perlu mengetahui bahwa pernyataan tersebut hanya berfungsi mempermudah penulisan metode atau dalam bahasa pemrograman lain disebut prosedur atau fungsi. Jadi Anda hanya perlu menulis Graphics sebagai pengganti java.awt.Graphics, karena kita telah mengimpor java.awt.Graphics.
Kemudian di masing-masing listing terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Ingat bahwa Java berorientasi objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Untuk saat ini anggaplah objek sebagai suatu item yang dapat dimanipulasi oleh sebuah program. Dalam Listing 2 terdapat tambahan kata extends. Hal ini berarti kelas yang kita buat akan mewarisi sifat-sifat dari kelas yang kita extends. Dengan kata lain kita menjadikan kelas yang kita extends sebagai himpunan bagian dari kelas kita buat.
Kemudian kita menemukan baris pernyataan public static void main(String[] args) dan public void paint(Graphics g). Keduanya adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas. Keduanya sebenarnya mempunyai fungsi yang sama namun dalam konteks yang berbeda. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dieksekusi. Sementara dalam applet, metode yang pertama kali akan dieksekusi ketika applet diload adalah paint. Kata public di depannya mempunyai fungsi yang sama dengan kata public yang ada di depan baris permulaan kelas. Namun nantinya Anda akan menemukan juga bentuk lain seperti private dan protect yang akan kita bahas nanti.
Pada Listing 1 terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[] args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen command line. Sementara Anda tidak perlu mengerti mengenai parameter tersebut, cukup diingat bahwa bentuk metode main harus selalu demikian.
Kemudian di dalam kedua metode pada kedua listing tersebut, kita menemukan sebuah pernyataan. Anda tentu dapat saja meletakkan lebih dari satu pernyataan dalam sebuah metode. Setiap pernyataan dalam sebuah metode dipisahkan oleh titik koma dan akan dieksekusi satu persatu. Kedua pernyataan pada listing ternyata memanggil sebuah metode lain yaitu metode println dan paint. Tentunya dapat Anda perhatikan bahwa untuk memanggil sebuah metode diperlukan tiga komponen yaitu:
  1. Objek yang ingin kita pakai. Dalam hal ini objek System.out dan Graphics g.
  2. Nama metode yang ingin kita pakai. Dalam hal ini println dan paint.
  3. Sepasang tanda kurung yang berisi informasi tambahan yang diperlukan oleh metode yang dipanggil, yaitu parameter.
Dalam Listing 1, pernyataan System.out.println("Apa Kabar Dunia?"); berarti carilah objek out dalam kelas System kemudian panggil metode println dari objek out dengan parameter berupa string "Apa Kabar Dunia?". Sedang dalam Listing 2, pernyataan g.drawString("Apa Kabar Dunia?", 5, 25); berarti carilah objek g kemudian panggil metode drawString pada objek g dengan parameter "Apa Kabar Dunia?”, 5, 25);.

Eksekusi

Setelah selesai membahas sintaks dasar Java dalam kedua listing, selanjutnya kita akan mencoba mengeksekusi kedua program ini. Untuk program pertama yang berupa aplikasi biasa, kita tinggal mengetikkan perintah java HelloWorld pada prompt dan pesan Apa Kabar Dunia? akan tampil di layar (atau mungkin di tempat lain, bergantung sistem operasi Anda). Sedangkan untuk applet kita mesti membuat sebuah file HTML sebagai pembungkus—atau pemanggilnya. Berikut diberikan contoh file HTML untuk membungkus applet yang kita buat.
<HTML>
  <HEAD>
    <TITLE>Coba Applet</TITLE>
  </HEAD>
  <BODY>
    <APPLET CODE="HelloWorldApplet.class" WIDTH=150 HEIGHT=25>
    </APPLET>
  </BODY>
</HTML>
Beri nama helloword.html dan simpanlah di direktori yang sama dengan lokasi file-file .java dan .class sebelumnya. Untuk mengeksekusi applet kita cukup membuka file HTML tersebut di browser yang Java-enabled atau mengetikkan perintah appletviewer namafile.html di prompt.


SUMBER : http://www.master.web.id/mwmag/issue/04/content/tutorial-java-1/tutorial-java-1.html