Selasa, 10 Januari 2012

LIMA TREN TEKNOLOGI TAHUN 2012

LIMA TREN TEKNOLOGI TAHUN 2012
2012 Lima Tren Teknologi Tahun 2012
sumber: http://ohsobeautifulpaper.com/wp-content/uploads/2011/12/Tiger-Food-Press-2012-Calendar.jpg
Tidak ada kata mundur bagi teknologi. Baru, baru, dan baru. Hal ini berjalan dengan cepat. Sepanjang tahun 2011, kita juga disuguhi dengan aneka perkembangan anyar teknologi ini. Demikian juga dengan tahun 2012 yang akan kita masuki beberapa saat lagi. Situs media sosial Mashable, menulis teknologi yang bakal menjadi tren di tahun mendatang yang lebih didominasi oleh platform digital. Berikut lima teknologi yang bakal menjadi tren di tahun yang oleh penanggalan Maya dianggap sebagai “akhir zaman” tersebut:
1. Augmented Reality
Teknologi augmented reality akan mewarnai berbagai bisnis yang bisa digunakan dalam strategi pemasarannya. Entah itu lewat games, aplikasi lokasi, bisnis minuman kopi, bisnis properti, dan sebagainya. Pemasaran melalui media virtual ini akan terus mengalami pembaruan. Mashable menyebutnya dengan “Reality with Style.”
Menurut laporan Visiongain, 25 persen aplikasi yang diunduh mengusung teknologi augmented reality tersebut.  Perkembangan ini menyusul dengan perkembangan jaringan Internet, dari 3G menuju 4G.
2. Ekonomi Micro-Payment
Perkembangan dunia digital telah mengubah banyak dalam hal pembayaran. Transaksi belanja pun semakin dimudahkan. Uang juga dengan gampang diputar. Teknologi pembayaran sistem mikro ini akan mendominasi transaksi di tahun mendatang.
3. Bangkitnya UltraBook
Perkembangan komputer tablet makin besar di tahun mendatang. Pada tahun ini saja, tablet mulai menggeser peranan komputer portable. Meskipun, tidak ada yang benar-benar mengatakan komputer personal (PC) bakal hilang dari peredaran.  Sebaliknya, kehadiran netbook dengan fotmat Ultrabooks akan menjadi tren di tahun depan. Ultrabooks sendiri diperkenalkan oleh Intel maupun Apple dengan MacBook Air-nya yang menandai kehadiran netbook dengan teknologi penuh daya.
4. Kelelahan Media Sosial dan Digital
Facebook akan tembus satu miliar dalam hal pengguna pada tahun 2012. Namun, jumlahnya di Amerika Serikat sendiri dipredikasi akan datar saja. Twitter juga akan berkembang dengan angka 450 juta pengguna, meski tidak ada orang pun tahu berapa jumlah penggunanya yang aktif.  Sementara itu, Google+ akan stagnan.
Secara umum, orang akan mengevaluasi eksistensi mereka di dunia digital dan sosial. Pada intinya, tahun 2012 akan menjadi tahun untuk merefleksikan kembali kegunaan media sosial dan digital untuk hidup masyarakat modern.
5. Perang Mobile Chips
Perang teknologi akan berlanjut. Bukan dalam perangkat besar, tapi pada skala mikro dalam rupa chips.  Perang chips akan semakin sengit mewarnai perangkat keras. Para pemainnya pun semakin banyak dengan menggunggulkan kecanggihan teknologinya, seperti Texas Instruments, Qualcomm, Motorola, Marvell, Nvidia, dan sebagainya.
sumber : http://the-marketeers.com/archives/lima-tren-teknologi-tahun-2012.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar