Kamis, 10 November 2011

Konsep Dasar Web

A. Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Web
Beberapa konsep dasar pemrograman berbasis web, yaitu:
1.    Komunikasi antara web browser dan web server berdasarkan protokol HTTP.
2.    Dokumen dan semua sumber daya apapun di jaringan yang dikehendaki di identifikasi dengan Universal Resource Locator (URL).
3.    Dokumen web ditulis berdasarkan standar HTML.
4.    Pemrograman sisi klien (client-side scripting) dan Java applet.
5.    Pemrograman sisi server (server-side scripting atau programming).
Sistem Berbasis Web atau Aplikasi Berbasis Web adalah sebuah sistem yang dibangun dengan konsep rekayasa web (web engineering) dan diaplikasikan secara online melalui media internet. (Marlina, 2010).

B. World Wide Web
World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna di identifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari padanya.

C. Web Browser
Web Browser adalah perangkat lunak yang mulanya hanya untuk menampilkan (rendering) dokumen web atau HTML. Namun saat ini, web browser harus mampu mengeksekusi JavaScript atau VBScript, menjalankan Java Applet, memahami dokumen XML, dan menjalankan dokumen tertentu dengan fasiltias plug-in seperti file.swf Macromedia Flash dan sebagainya. Disamping itu web browser juga mempunyai fasilitas kenyamanan pemakai seperti dapat membuka lebih dari satu jendela, manajemen alamat web yang bagus, pengamanan yang memadai dan sebagainya. Contoh: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera.

D. Web server
Web server adalah HTTP server sebagai penyedia dokumen yang diminta web browser. Saat ini, web server telah kompleks karena harus melayani banyak hal dan bahkan menjadi pusat layanan-layanan lain. Web server telah menjadi komponen terpenting di application server. Web server harus mampu melayani permintaan dokumen yang diminta web browser, dan mampu disetting berinteraksi dengan program JSP, ASP, PHP, secara CGI dan sebagainya. Contoh: Apache, IIS.

E. Web service
Web service adalah suatu sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung dan berinteraksi antar sistem pada suatu jaringan. Web service digunakan sebagai suatu fasilitas yang disediakan oleh suatu web site untuk menyediakan layanan (dalam bentuk informasi) kepada sistem lain, sehingga sistem lain dapat berinteraksi dengan sistem tersebut melalui layanan-layanan (service) yang disediakan oleh suatu sistem yang menyediakan web service. Web service menyimpan data informasi dalam format XML, sehingga data ini dapat diakses oleh sistem lain walaupun berbeda platform, sistem operasi, maupun bahasa compiler. (Pibriana, 2010).

F. Web Programming
Web dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu:
1.    Web Static
Web yang menampilkan informasi-informasi yang sifatnya statis (tetap).
2.    Web Dinamis atau Interaktif
Web yang menampilkan informasi serta dapat berinteraksi dengan user yang sifatnya dinamis. Sehingga untuk membuat web dinamis dibutuhkan kemampuan pemrograman web.

G. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
HTTP adalah protokol level aplikasi untuk sistem informasi hypermedia tersebar. Protokol ini generik yang dapat dimanfaatkan banyak tugas selain untuk hypertext. HTTP adalah bahasa komunikasi antara web browser dan web server, dimana kebanyakan komunikasi ini di luar perhatian pemakai web browser.

H.    Hypertext Markup Language (HTML)
HTML merupakan bahasa markup paling popular, disusul eXtensible Markup Language (XML). XML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat bahasa markup lain yaitu Wireless Markup Language (WML). Bahasa markup bukan bahasa pemrograman. Oleh karena itu, penyebutan bahasa pemrograman HTML adalah kurang tepat.

I. XML (eXtended Markup Language)
XML adalah bahasa markup yang digunakan untuk menyimpan data (tidak ada program) dan tidak tergantung dengan tools tertentu (seperti editor, dbms, compiler dan sebagainya)

SUMBER : http://www.idelima.com/berita-264-konsep-dasar-web.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar