Selasa, 13 Maret 2012

Resume Kelompok 1 : Penentuan Harga Permintaan & Penawaran


Permintaan menurut pendapat saya adalah seseorang yang harus memenuhi kebutuhan primer dan sekunder di dalam hidupnya, sehingga untuk memenuhi kebutuhannya tersebut terciptalah permintaan.
Hukum permintaan tersebut adalah "Jika harga barang naik, maka permintaan turun. Dan sebaliknya, jika harga barang turun, maka permintaan akan naik".
Beda halnya dengan barang yang tidak ada subtitusi dan komplementernya maka hukum permintaaan tersebut akan beda bunyinya yaitu “meskipun harga barang naik maka permintaan akan naik pula” , seperti contohnya saja “BBM(Bahan Bakar Minyak)” yang mungkin sedang marak di bumi pertiwi ini, walaupun kenaikan harga BBM akan menjulang tinggi tidak mungkin permintaan akan menurun karena itu sudah termasuk kebutuhan primer secara tidak langsung.

Adapun Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan :
  1. Pendapatan Konsumen : Tidak jauh berbeda dengan hukum permintaan, pendapatan konsumen yaitu jika pendapatan konsumen naik, konsumen cenderung membeli banyak barang. Dan jika pendapatan konsumen turun, konsumen akan membeli barang lebih sedikit.
  2. Harga barang substitusi dan komplamenter : Jika harga barang substitusi naik, konsumen cenderung meminta barang lebih banyak. Barang substitusi yaitu barang pengganti, sedangkan barang komplamenter ialah barang pelengkap.
  3. Selera konsumen : Jumlah barang yang diminta akan tergantung kepada selera konsumen yang naik.
  4. Jumlah penduduk : Jumlah penduduk yang besar akan mempengaruhi permintaan meningkat.
  5. Perkiraan harga ke depan : Jika harga suatu permintaan akan naik, maka cenderung para konsumen akan membeli suatu produk hari ini.
Penawaran adalah kemampuan seoran produsen untuk menawarkan suatu produk dalam suatu tingkat harga tertentu.
Hukum penawaran " Jika harga suau barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah. Dan jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan menurun.

Adapun Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :

  1. Biaya produksi : Biaya yang dikeluarkan dalam produksi rendah, maka jumlah barang yang dihasilkan akan banyak dan sebaliknya.
  2. Kemampuan perusahaan berproduksi : Perusahaan memiliki kemampuan yang tinggi untuk menghasilkan suatu produk.
  3. Harapan perusahaan : pengusaha memiliki harapan besar, maka produk yang dihasilkan semakin besar.
  4. Ketersediaan sumber produksi : Sumber produksi tersedia, maka produksi akan semakin lancar.
  5. Jumlah barang yang diminta konsumen : Konsumen semakin meningkat maka produksinya semakin luas.
 
                                                                CINTAI PRODUK INDONESIA !!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar