Selasa, 27 Maret 2012

Resume Kelompok 4 : Struktur Pasar


Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara pembeli dan penjual dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
 
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
 
Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi:
  
      a.    Menurut segi fisiknya
pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya:
1) pasar tradisional
2) pasar raya
3) pasar abstrak
4) pasar konkrit
5) toko swalayan
6) toko serba ada

      b.    Sedangkan berdasarkan jenis barang yang dijual
pasar dibedakan menjadi beberapa  macam di antaranya:
1) pasar ikan
2) pasar sayuran
3) pasar buah-buahan
4) pasar barang elektronik
5) pasar barang perhiasan
6) pasar bahan bangunan
7) bursa efek dan saham.

    JENIS JENIS STRUKTUR PASAR

      A.   Pasar Persaingan Sempurna
Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah:
            a.    Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
            b.    Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
            c.    Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
            d.   Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
            e.    Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
            f.     Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga/ada                    proses tawar-menawar).

      B.    Pasar Persaingan Tidak Sempurna


  1. Pasar Monopoli adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal. 
  2. Pasar Monopolistik adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi pada pasar monopolistik para produsen menghasilkan atau menjual barang yang berbeda corak atau keunggulan. 
  3. Pasar Oligopoli adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi.
    Pasar Oligopoli dibedakan menjadi 2 jenis yaitu
    Pasar oligopoli murni (pure oligopoly) dan Pasar oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar