Selasa, 13 Maret 2012

Resume Kelompok 2 : Perilaku Konsumen


Pengertian perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,pemilihan,pembelian,penggunaan,serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Ada 2 wujud konsumen yaitu :
1.     Personal Consumer
2.     Organizational consumer
Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen :
1.     Faktor sosial,
a.      Group
b.     Family Influence
c.      Roles and status
2.     Faktor personal,
a.      Economic situation
b.     Lifestyle
c.      Personality and self concept
d.     Age and Life Cycle Stage
e.      Occupation
3.     Faktor psychological
a.      Motivation
b.     Perception
c.      Learning
d.     Beliefs and attitude
4.     Faktor cultural
a.      Subculture
b.     Social class
Berikut adalah perilaku konsumen Indonesia menurut Handi Irawan yaitu,
1.     Berfikir jangka pendek
2.     Tidak terencana
3.     Suka berkumpul
4.     Gagap teknologi
5.     Berorientasi pada konteks
6.     Suka buatan luar negeri
7.     Beragama
8.     Gengsi
9.     Budaya lokal
10. Kurang peduli lingkungan
Dalam kasus yang dibahas pada kelompok ini yang berkaitan halnya dengan penjualan Mobil ESEMKA terlihat jelas bahwa perilaku konsumen Indonesia memang tidak terlepas dari kebanyakan sifata yang tidak terencana untuk membeli suatu produk,sangat memperhatikan gengsi untuk eksistensi dirinya dan oranglain namun banyak juga yang masih mencintai budaya lokal karena orang Indonesia yang negaranya kaya akan budaya ini.

                                                
CINTAI PRODUK INDONESIA !!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar